Senin, 19 Oktober 2015

Ekonomi Koperasi


Andai Aku Jadi Menteri Koperasi
 
Dalam artikel ini saya akan berangan – angan menjadi seorang Menteri Koperasi yang ada di dalam pemerintahan. Sebelum saya berangan – angan saya akan menjelaskan apa itu KOPERASI ? Koperasi adalah suatu lembaga yang dijalankan oleh beberapa orang dan setiap orang tersebut memiliki tugas masing – masing dan koperasi juga merupakan suatu lembaga ekonomi rakyat yang di dasari atas asas kekeluargaan. Nah, dari penjelasan tentang koperasi tersebut sudah terlihat apa itu tujuan koperasi. 

Koperasi didirikan dengan tujuan untuk menjadikan kondisi sosial dan ekonomi anggotanya lebih baik dibandingkan saat anggotanya belum bergabung dengan koperasi. Koperasi pertama kali dipelopori oleh Drs. Moehammad Hatta yang tumbuh atau berasal dari kalangan rakyat. Hal ini disebabkan oleh penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Koperasi tidak hanya memperdulikan pendiri atau pemilik dan keuntungan semata, namun lebih kepada mensejahterakan masyarakat luas termasuk para anggotanya.

Dari penjelasan di atas menjadi Menteri Koperasi itu bukan hal yang mudah karena dalam koperasi kita melayani masyarakat lainnya. Dan kita juga harus memiliki pendirian ataupun komitmen yang kuat untuk kesejahteraan masyarakat lainnya. Jika saya menjadi seorang anggota koperasi saya akan menanamkan pendidikan tentang koperasi kepada masyarakat luas. Agar masyarakat mengetahui apa saja manfaat koperasi, adapun beberapa manfaat koperasi ialah : 1. Meningkatkan penghasilan anggota 2. Menawarkan Barang Dan Jasa Dengan Harga Yang Lebih Murah 3. Menumbuhkan Sikap Jujur Dan Terbuka 4. Melatih Bersikap Mandiriemperoleh Pinjaman Dengan Mudah 5.Menanamkan Disiplin Dan Tanggung Jawab

Tidak hanya itu saya pun akan memajukan koperasi agar lebih populer sepert dulu seperti yang kita ketahui, koperasi sempat terserempet masalah dengan para anggotanya dan kehilangan kepercayaan dari para anggotanya. Mengembalikkan kepercayaan seseorang memang tidak mudah. Namun hal ini adalah salah satu kunci untuk mengembalikkan koperasi berjaya seperti dulu lagi. Dan cara untuk mengembalikan agar koperasi lebih populer ialah dengan kita mensosialisasikan kepada anak muda yang terkadang kurang berminat dengan koperasi contohnya dengan mengadakan workshop ataupun seminar.
Dan saya akan mensosialisasikan koperasi-koperasi berada di lingkungan sekolah yang paling terkecil. Kategori sekolahnya dari tingkat SD sampai dengan SMA. Mengapa? Karena Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Jadi, siswa sekolah bisa dapat sekalian belajar tentang koperasi itu sendiri. Siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran akademik saja dalam kelas, tetapi siswa juga dapat belajar berorganisasi sebagai anggota dan pengurus koperasi sekolah di luar kelas. Manfaatnya juga banyak kalau ada koperasi di sekolah, yaitu :
      1. Menumbuhkan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa.
      2. Membina rasa tanggung jawab, disiplin, setia kawan, dan jiwa koperasi
      3. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berkoperasi, agar kelak berguna di masyarakat
      4. Membantu kebutuhan siswa serta mengembangkan kesejahteraan siswa di dalam dan luar sekolah.

         Lalu selain mensosialisasikan hal yang akan saya lakukakan yaitu mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dari para anggota lalu di sebarluaskan kepada masyarakat untuk membuat suatu kreatifitas contohnya seperti dari barang bekas yang tidak terpakai yang akhirnya akan dijadikan suatu karya seni yang berharga tinggi. Misalkan barang bekas dari sebuah gantungan baju dari kayu lalu dijadikan sebagai kursi ataupun meja dan hasil karya yang telah terjual bisa dipergunakan untuk meningkatkan kualitas koperasi dan agar masyarakat percaya bahwa koperasi itu penting untuk membantu perekonomian masyarakat.

         Dan jika saya maenjadi menteri koperasi saya akan membuat koperasi di setiap daerah – daerah agar lebih bisa membantu masyarakat terutama masyarakat kecil yang kurangf mampu. Dan jika itu terwujud saya akan mengadakan rapat rutin setiap tahun untuk laporan setiap koperasi di daerah daerah tersebut.

         Memang sangat sulit jika di fikirkan hal hal diatas jika diwujudkan, tapi insyaallah jika saya memiliki tekad dan percaya diri saya pasti mampu mewujudkan apa yang sudah saya programkan tersebut. Dari hal hal tersebut merupakan aspek kecil yang harus dilakukan oleh koperasi terlebih dahulu. Saya menyadari bahwa menjadi Menteri Koperasi bukanlah hal yang mudah karena menjadi Menteri Koperasi mempunyai tanggung jawab atas koperasi yang dijalankannya tersebut. Karena jika nanti saya menjadi Menteri Koperasi saya akan bersungguh sungguh mengemban tugas yang saya miliki tersebut. 

         Maka dari itu marilah kita sebagai generasi muda menjaga kelestarian Koperasi Indonesia agar terus terjaga dan dilestarikan sampai kapanpun, jangan sampai dilupakan. Sukseskanlah kemajuan Koperasi untuk Negara Indonesia agar semuanya terwujud saya akan membuat gerakan tentang koperasi di lingkun gan sekitar saya. Dimana hal tersebut akan membantu mempertahankan koperasi. Dimana gerakan koperasi tersebut akan melakukan banyak hal dengan cara memperkenalkan koperasi kesemua kalangan serta membantu untuk memberikan inovasi terbaru untuk koperasi indonesia.

         Saya menyadari bahwa menjadi menteri koperasi itu sangat berat, tidak seperti yang semua orang bayangkan. Banyak orang yang sok pintar, yang mengatakan kerjaan menteri itu tidak baik, tapi mereka tidak mengetahui bagaimana rasanya menjadi menteri koperasi yang mengemban tugas berat. Jadi marilah kita menghargai pekerjaan mereka karena menjalankan suatu usaha di bidang perkoperasian tidaklah mudah untuk dilakukan. Tetapi saya yakin jika saya melakukannya dengan sungguh-sungguh kearah yang lebih baik, maka saya akan mendapatkan hasil yang terbaik untuk kemajuan perkoperasian dinegara ini dan koperasi bisa berjaya kembali seperti pertama kali didirikan, kembali menjadi koperasi yang sebenarnya menjadi wadah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dengan baik dan bisa membantu perekonomian indonesia lebih maju lagi. Majulah KOPERASI INDONESIA!

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar