Selasa, 07 April 2015

KEMISKINAN

KEMISKINAN YANG TERJADI DI JAKARTA

Masalah kemiskinan memang telah lama ada sejak dahulu kala. Padamasa lalu umumnya masyarakat menjadi miskin bukan karena kurang pangan,tetapi miskin dalam bentuk minimnya kemudahan atau materi. Dari ukuran kehidupan modern pada masa kini mereka tidak menikmati fasilitas pendidikan pelayanan kesehatan, dan kemudahan - kemudahan lainnya yang tersedia pada jaman modern. Pemerintah Indonesia yang berorientasi mengembangkan Indonesia menjadi negara maju dan mapan dari segi ekonomi tentu menganggap kemiskinan adalah masalah mutlak yang harus segera diselesaikan disamping masalah lain yaitu ketimpangan pendapatan, strukturisasi pemerintahan, inflasi, defisit anggaran dan lain -lain.

Dampak Positif  Kemiskinan

            kemiskinan memang banyak di sekitar kita. selama ini yang kita ketahui adalah dampak negatif dari kemiskinan. antara lain kriminalitas dan prostitusi, tapi bila kita perhatikan, kemiskinan juga memiliki guna. antara lain:
1. Menambah nilai guna suatu barang. kalo kita ada baju bekas, pasti kalo ngak di jadiin kain lap, pasti di kasi orang. elo ngak mungkin ngasi baju bekas ama orang kaya kan? pasti orang miskin! nilai guna baju tersebut juga akan lebih panjang atau berguna bila di pakai orang miskin.
2. Memperkuat status sosial seseorang. kalo kita orang kaya, kita akan lebih terpandang bila punya anak buah yang banyak. apakah anak buahnya atau pembantunya orang kaya? tentu tidak!! pasti orang miskin.
3. Untuk mengerjakan pekerjaan paling Hina dan kotor. kalo tidak ada orang miskin, siap yang akan menyapu jalan raya?
4. sebagai tumbal pembangunan kalo kita punya tanah dan tanah tersebut akan di jadikan sarana umum, maka tanah kita tersebut akan di bayar dengan layak sedangkan untuk pemukiman kumuh, hal tersebut jarang sekali terjadi.
5. Sebagai sarana ibadah. setiap agama pasti diajarkan menyantuni orang miskin. dalam agama saya (islam), zakat (sejenis sedekah tapi hukumnya WAJIB) termasuk dalam hukum islam. jika saya tidak berzakat maka saya belum sempurna Islamnya. bagai mana kalo semua orang di dunia ini jadi kaya, mau sama siapa saya berikan zakat saya? sedangkan syarat zakat harus di berikan pada fakir miskin.

Dampak Kemiskinan yang timbul di Jakarta

1.      Meningkatnya Kriminalitas
Karena kurangnya biaya masyarakat lebih memilih mengambil cara cepat yaitu contohnya dengan mencuri, membegal, sampai membunuh untuk mendapatkan uang.
2.      Meningkatnya Kematian
Kematian memang wajar terjadi tetapi di Jakarta penyebab kematian hampir terjadi karena terjangkitnya penyakit dan ada juga halnya karena seseorang mebutuhkan orang dia membunuh.
3.      Banyaknya Anak Jalanan dan Gelandangan di Jakarta
Setiap anak harusnya di wajibkan untuk bersekolah tetapi karena keadaan orang tuanya yang kurang mampu mereka lebih baik mencari uang untuk makan sehari hari di banding untuk menuntut ilmu. Semua itu karena tuntutan hidup untuk mereka dapat hidup kedepannya.
4.      Munculnya Pemukiman Kumuh
Masyarakat yang kurang mampu rata rata tidak memiliki rumah tetap untuk tinggal sehingga mereka lebih memilih membangun rumah di pinggiran sungai, rel kereta api dan lain sebagainya. Sehingga semua membuat keadaan menjadi kumuh.
5.      Pengangguran
Terjadinya pengangguran di Jakarta karena kurangnya lapangan pekerjaan, rata rata perusahaan yang ada di Jakarta adalah perusahaan asing dimana mereka mencari pegawai yang sesuai kriteria dengan yang perusahaan inginkan.

Penyebab Kemiskinan Di Jakarta
1.      Kurangnya pekerjaan yang layak untuk para masyarakat
2.      Jaminan kesehatan dari pemerintah yang terbatas sehingga membuat masyarakat kurang mampu untuk berobat dan menyebabkan kematian, keterbelakangan dan lain lain.
3.      Kurangnya perhatian dari pemerintah daerah untuk masyarakat yang kurang mampu.
4.      Banyaknya penduduk pendatang di kota Jakarta.
5.      Tingkat pendidikan yang rendah untuk masyarakat jakarta.
Adapun, penyebab kemiskinan antara lain terjadi karena 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah penyebab kemiskinan yang potensinya berasal dari diri seseorang dan atau keluarga serta lingkungan sekitarnya. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang  berkaitan dengan kebijakan pemerintah dan situasi lainnya yang berpotensi membuat seseorang jatuh miskin seperti kekurangan bahan baku atau bencana alam.

Peningkatan Kemiskinan di Jakarta Maret 2013 – Maret 2014


Jadi dari gambar di atas bahwa kemiskinan yang ada di Jakarta antara Maret 2013 sampai Maret 2014 meningkat sebesar 0,37 persen.

Cara Mengatasi Kemiskinan

          Pemerintah harus lebih peduli terhadap rakyat kecil yang kurang mampu. Dan adapun cara mengatasinya :
1. Pemerintah harus menyediakan lebih banyak lagi lapangan pekerjaan, agar dapat membantu masyarakat dalam memecahkan masalah kehidupan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anggota keluarganya.
2. Jangan menjadi pemalas! Selain pemerintah, masyarakat juga harus ikut andil dalam mensejahterakan kehidupan. Apabila masih belum ada lowongan pekerjaan, masyarakat bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, lebih bagus jika lapangan pekerjaan buatan sendiri itu bisa menampung orang lain untuk menjadi karyawan kita.
3. Bantuan pendidikan dan kursus gratis dari pemerintah kepada masyarakat kurang mampu agar dapat melanjutkan sekolahnya tanpa bingung soal biaya. Kursus menjahit, memasak untuk ibu-ibu atau bapak-bapak, serta menyediakan fasilitasnya, seperti mesin jahit dan peralatan memasak agar setelah selesai kursus, para bapak dan ibu tersebut bisa langsung mempraktikkan keahliannya di lingkungan dimana mereka tinggal.


Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar