Selasa, 14 Oktober 2014



Mengapa Masuk Akuntansi ?

Pada umumnya akuntansi ialah pencatatan keluar masuknya keuangan dalam perusahaan. Dan alasan yang paling utama saya masuk akuntansi karena memang semenjak kelas 2 SMA saya menyukai ekonomi. Dan karena saya tidak di terima PTN sehingga saya memilih swasta di Universitas Gunadarma. Saya masuk akuntansi juga sangat di dukung oleh orang tua saya terutama ayah saya. Akuntansi pula memiliki lapangan pekerjaan yang luas contohnya seperti :

  • Akuntansi Publik


Akuntansi independenyang memberikan jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Jasanya meliputi jasa audit, jasa perpajakan, jasa konsultasi manajemen dan jasa akuntansi.

  • Akuntansi Manajemen

Akuntansi yang bekerja pada suatu perusahaan/organisasi untuk mendapatkan laba yang sebesar besarnya.

  • Akuntansi Pemerintah

Akuntansi yang bekerja pada badan badan pemerintahan.

  • Akuntansi Pendidik

Akuntansi yang bertugas mengajar, menyusun kurikulum, melakukan penelitian di bidang akuntansi

  • Akuntansi Keuangan

Akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan yang harus mengendalikankeluar masuknya keuangan demi kestabilansiklus keuangan.

  • Auditing

Akuntansi yang berhubungan dengan audit/ pemeriksaan terhadap laporan keuangan yang di hasilkan.
Tujuan audit :
1.      Agar akuntansi yang disajikan dapat lebih di percaya
2.      Audit dilakukan berdasarkan standar auditing dan kode etik akuntan.

  •  Akuntansi Biaya

Akuntansi yang menekankan pada penetapan dan kontrol atas biaya fungsi utama akuntansi biaya mengumpulkan dan kontrol atas biaya fungsi utama akuntansdan menganalisis data mengenai biaya.

  • Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi yang bertujuan sebagai bahan pelaporan bajak. Akuntansi perpajakan sangatlah penting dilaksanakan dikarenakan semua perusahaan/organisasi pasti akan berhubungan dengan perpajakan.

  • Perbankan

Lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk kredit.

Di atas adalah salah satu contoh dari beberapa pekerjaan akuntansi, dan dari salah satu di atas yang paling di minati ada dua yaitu akuntansi perpajakan dan perbankan karena menurut saya pekerjaan itu lebih menarik dan lebih nyaman untuk di jalankan. Dan menurut saya jangkauan akuntansi lebih luas tetapi kembali lagi kepada diri kita bahwa apa yang saat ini kita kerjakan belum tentu sama dengan yang kita kerjakan di lapangan kerja nanti. Jadi maka dari itu kita harus tetap bersemangat dan bersungguh sungguh dalam menjalankan kuliah saat ini agar dapat menjadi pribadi yang sukses di masa tua sehingga saat kita di masa muda lebih baik kita bersusah susah terlebih dahulu lalu menikmati hasil kerja kita nanti di masa tua kita.

Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar